Banyak anime komedi yang dirilis oleh studio terkemuka belakangan ini. Genre komedi pun tampaknya punya kelas tersendiri.

Gintama [myanimelist.net].
Sebab terkadang, ada beberapa komedi hanya hanya bisa dimengerti oleh sebagian orang.

Salah satu hal yang bikin komedi tersebut sampai atau tidak kepada penonton adalah usia.

Biasanya, mereka yang berusia dewasa mampu menjabarkan sense of comedy lebih sempurna ketimbang yang masih muda.

 

1. Gintama

Gintama memang anime lawas. Film ini sudah dirilis sejak 2006. Meski demikian, ada yang menarik dari Gintama yakni soal ide cerita.

Bagaimana tidak, film ini tidak mengadung asas keterlarangan alias semua hal diperbolehkan. Apapun itu tanpa terkecuali.

Sering kali, prinsip membuat Gintama yang erat kaitannya dengan realitas kehidupan orang dewasa masa kini. Dan terkadang, orang dewasa yang menonton film ini bisa tertawa geli.

 

2. The Tatami Galaxy

Anime ini bercerita tentang kehidupan remaja universitas. Gamer akan diajak mendalami karakter beberapa tokoh utama dalam satu waktu.

Ada beberapa kejadian yang bikin senyum-senyum dengan tingkah dan keputusan yang dibuat oleh karakter-karakter tersebut.

Terutama soal humornya yang menyinggung sejumlah hal yang ada di kehidupan nyata. Bener-bener lucu, sekaligus bikin miris.

 

3. Nichijou

Nichijou adalah anime komedi irisan kehidupan yang menceritakan petualangan sehari-hari dari tiga sahabat dengan kepribadian yang kontras.

Nichijou [myanimelist.net].
Nichijou memang menampilkan karakter gadis-gadis muda yang cocok buat para remaja. Namun jika diperhatikan, lelucon yang muncul tampak lebih mudah diterima orang dewasa.

 

4. SMA Cromartie

SMA Cromartie lebih seperti hukuman bagi siswa yang bandel dan sulit diatur. Anime ini puas untuk memberi efek kekacauan acak meskipun pada akhirnya akan mengganggu jalannya cerita.

Episodenya ketat dan tanpa lemak, tetapi sebagian besar selera humor anime, seperti kloningan Freddie Mercury yang humornya mungkin hanya bisa diterima orang dewasa.

 

5. Golden Boy

Golden Boy adalah serial OVA enam episode dari tahun 1990-an yang tampaknya sempurna untuk pemirsa yang lebih muda, karena dibintangi oleh protagonis muda yang pemberani, Kintarou, yang melakukan pekerjaan sambilan dengan harapan mendapatkan pendidikan yang lebih baik di dunia.

Golden Boy [myanimelist.net].
Ada kepolosan dalam perjalanan Kintarou dan cara dia menemukan dirinya, tetapi Kintarou terkenal dengan ide-ide yang sangat dewasa di sepanjang jalan.

Beberapa di antaranya adalah kisah cinta yang berantakan dan bahkan pemerintahan yang korup menjadi tanggung jawab Kintarou.

 

sumber : [ Suara.com | Damai Lestari, RR Ukirsari Manggalani ]