Jakarta:  Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pengendalian pandemi covid-19 di Tanah Air mendapat pujian dunia. Pasalnya, Indonesia berhasil menekan penyebaran virus korona ke level 1 atau tingkat penularan rendah.

"Pengendalian covid-19 kita dipuji dunia, kemarin Menlu AS Antoni juga menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia," kata Luhut dalam sebuah webinar yang dipantau melalui YouTube, Rabu, 15 Desember 2021.

Luhut mengungkapkan jika kasus covid-19 terus terkendali hingga tahun depan, Indonesia dipastikan masuk endemi. Namun, ia meminta masyarakat tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan maupun protokol covid-19 secara ketat. Termasuk menghindari bepergian ke luar negeri agar varian baru Omicron tidak merebak di Indonesia.

"Saya mohon kita jangan terus jumawa dan sudah 152 hari mampu menekan covid-19 karena ini belum selesai," terang dia.

 

5 negara dengan penurunan kasus covid-19 terbesar:

Indonesia
India
Filipina
Iran
Jepang

Luhut menambahkan kedatangan delegasi asing juga wajib mengikuti protokol bubble covid-19. Aturan ini telah diterapkan pada rangkaian pembukaan Presidensi G20 di Jakarta dan Bali demi meminimalisir kontak dengan pihak luar.

"Ini tentu kerja sama semua jadi kalau strategi kita sekarang mengetatkan masuknya orang luar negeri. Itu adala alasannya karena kita tidak mau Omicron itu masuk ke kita meskipun ada data dengan jelas mengatakan omicron ini tidak terlalu ganas," pungkas dia.

Hingga 15 Desember 2021, kasus positif covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 4.259.439 dengan angka kesembuhan 4.110.574, dan angka kematian 143.960.

Sementara itu, penambahan kasus baru tercatat sebanyak 106 kasus per 13 Desember. Angka itu turun drastis dari 17 Juli 2021 yang mencapai 51.952 kasus baru.

 

sumber : [ msn.com-medcom.id | Desi Angriani ]