YOGYA - Sejumlah bioskop di Kota Yogyakarta, hingga kini belum beroperasi kembali, meski pemerintah di tingkat pusat sudah memberikan lampu hijau untuk daerah-daerah yang berstatus PPKM Level 3. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menandaskan, di wilayahnya hanya terdapat dua bioskop. Yakni, Empire 21 dan Cinemaxx Lippo Plaza. Sejauh ini, keduanya pun masih tutup. 

"Karena untuk buka lagi, mereka itu harus mengajukan QR code aplikasi Peduli Lindungi dulu ke Pusdatin. Jadi, masih proses," tandasnya, Rabu (15/9/2021). 

"Pengumuman relaksasi kan baru Senin (13/9/2021) malam nggih. Padahal, pengajuan QR Code sekarang masih sulit, harus dicoba terus," tambah Wahyu. 

Menurutnya, persyaratan untuk bioskop dapat dikatakan lebih sulit. Pasalnya, dibutuhkan QR Code tersendiri, meski bioskop tersebut berlokasi di dalam pusat perbelanjaan, layaknya Cinemaxx, di Lippo Plaza. 

"Jadi, QR code-nya tidak menyatu dengan mall. Masuk mall sudah scan, kriterianya entah hijau, atau kuning, semua diperbolehkan masuk. Tapi, khusus untuk bioskop itu, kriterianya harus hijau," terangnya. 

Alhasil, lanjut usia (lansia), atau anak di bawah 12 tahun belum bisa mengakses bioskop, di masa PPKM Level 3 ini.

Dijelaskannya, persyaratan memang diperketat, karena pertimbangan tingkat kerawanan. 

"Kriteria kuning saja tidak boleh masuk. Karena bioskop kan tempatnya tertutup, dan waktu (kunjungannya) lama, sehingga harus benar-benar hijau. Jadi, yang baru sekali vaksin belum boleh," ucapnya.

 

 

 [ sumber : jogja.tribunnews.com | Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah ]